9 Kab/Kota di Jatim yang Berpotensi Tsunami Menurut BPBD

  • Whatsapp

Surabaya – Pasca keluarnya riset Institut Teknologi Bandung (ITB) soal potensi tsunami di sepanjang pantai selatan Jawa Timur, BPBD menyebut ada 9 kabupaten/kota berpotensi tsunami.

“Jadi gini, di Jatim ini untuk bencana tsunami dipetakan dari 38 kabupaten/kota, untuk bencana tsunami yang tinggi ada di 9 kabupaten/kota,” kata Tenaga Ahli BPBD Jatim Suban Wahyudiono saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (25/9/2020).

Suban menjelaskan, ke-9 daerah tersebut ialah Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab dan Kota Blitar, Kabupaten Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Dari 9 kabupaten/kota itu, ada 156 desa yang memiliki potensi tinggi terhadap tsunami.

“Ada 156 desa potensinya tinggi tsunami. Paling banyak di Banyuwangi 48 desa, Pacitan 24 desa dan Trenggalek 13 desa. Desa itu sudah dipetakan,” terang Suban.

Sejak tahun 2019 lalu, lanjut Suban, pihaknya sudah turun bersama BNPB, BPDB Kab/Kota dan relawan untuk mensosialisasikan kepada warga bahwa desanya rawan tsunami.

“Jadi kita melibatkan 200 anggota termasuk relawan yang masuk ke desa untuk memberi informasi kalau daerah ini potensi tsunami tinggi. Tiap desa sudah kita pasang dengan plakat daerah rawan tsunami. Mereka kita beri pemahaman saat tsunami terjadi, seperti rumusnya 20:20. 20 detik gempa maksimal terjadi, 20 menit lari di atas ketinggian 20 meter. Kita sosialisasikan itu,” terangnya.

Selain di desa, pihaknya juga mendata kawasan pantai di Selatan pulau Jawa yang rawan tsunami. Rencananya BPBD Jatim bersama BNPB akan membangun shelter di kawasan tersebut.

“Kita data juga di kawasan itu di kawasan pantai mana. Nanti kira-kira ada shelter, atau bukit. Kita rencanakan bahwa harus dibuat wisata-wisata pantai khususnya di selatan untuk dibuat shelter. Bila terjadi tsunami, pengunjung bisa mengamankan diri. Shelter itu saat ini sudah kita survei. Perlu perencanaan, pendataan karena tanahnya ikut siapa dulu. Kita masih penjajakan,” ujarnya.

Dia menambahkan, potensi tsunami di 9 kabupaten/kota di selatan Jawa Timur memang ada. Pihaknya hanya tidak mengetahui kapan akan terjadi.

“Daerah itu memang potensi tsunami. Cuma kita tidak tahu kapan terjadinya. Kan ada siklus bencana tsunami seperti di Banyuwangi sekitar tahun 1990 yang menewaskan 200 orang dulu,” pungkasnya.

 

Source: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5187609/9-kabkota-di-jatim-yang-berpotensi-tsunami-menurut-bpbd/

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *