KIPP Trenggalek Himbau Masyarakat Tak Serahkan Data Pribadi Kepada Orang Lain

  • Whatsapp

Maraknya aksi dari oknum tak bertanggung jawab terkait sejumlah penyalahgunaan data pribadi masyarakat dicermati serius oleh Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) wilayah Trenggalek. KIPP menilai, apapun alasannya praktik-praktik seperti itu akan sangat merugikan. Untuk itulah pihaknya mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati dengan keamanan data pribadi masing-masing.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Bagian Divisi monitoring dan Advokasi KIPP wilayah Trenggalek, Nur Rochmad saat di wawancara japos.co disela kesibukannya, bahwa ketika data diri itu diberikan kepada pihak-pihak yang memang tidak berwenang maka sangat mungkin akan disalah gunakan.

“Dengan alasan apapun, jangan sampai masyarakat mau menyerahkan identitas pribadi seperti KTP dan KK (kartu keluarga) ke orang lain. Terlebih kepada orang yang tidak kita kenal,” sebutnya, Kamis (19/11/2020) siang.

Apalagi, lanjutnya, saat ini sudah semakin mendekati hari H pemungutan suara dalam kontestasi Pilkada. Dirinya kawatir akan ada pergerakan masif dari pihak-pihak tertentu untuk memanfaatkan momentum pilkada.

“Untuk itulah, saya mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan menyerahkan atau memberikan foto kopi KTP dan KK kepada orang lain. Karena bisa disalah gunakan, bukan hanya untuk menguntungkan paslon saja namun sangat mungkin dipakai tindak pidana atau melawan hukum,” tegasnya.

Satu hal, pesan Gani panggilan akrab Nur Rochmad jika nanti ada oknum yang meminta data identitas pribadi jangan langsung diberikan, minimal minta penjelasan kepada yang bersangkutan mengenai alasannya. Kalaupun ada kepentingan yang mengarah kepada tindakan ‘politik uang’ diharapkan masyarakat tidak meresponnya.

“Bahkan, kita meminta masyarakat mau melaporkan itu. Harapannya agar proses pelaksanaan Pilkada serentak nanti dapat berjalan dengan baik, jujur, aman, dan lancar,” pungkasnya.

Source : https://www.japos.co/2020/11/20/kipp-trenggalek-himbau-masyarakat-tak-serahkan-data-pribadi-kepada-orang-lain/?fbclid=IwAR1bDZHyoBaA8Ir8aBSz-VZWQbTjeLn_MyxCI2NtPMm-uzYssZvTI0hF4lQ

Shortlink

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *