Mas Ipin Sambangi Kelompok Peternak Sapi Pedaging, Siap Bantu Maksimalkan Pengelolaam Hasil.

  • Whatsapp
Mas Ipin Sambangi Kelompok Peternak Sapi Pedaging, Siap Bantu Maksimalkan Pengelolaam Hasil.
Trenggalek, duniafakta.com – Maksimalkan hasil ternak sapi yang ada di Kabupaten Trenggalek, Moch. Nur Arifin terapkan sistem peternakan yang paripurna. Yaitu suatu sistem peternakan yang tidak hanya parsial di rumah-rumah saja, tetapi dengan sistem komunal dengan kolaborasi dan pendampingan dari berbagai pihak.
Menurut Moch. Nur Arifin saat ini di Kabupaten Trenggalek sebenarnya sudah memiliki beberapa desa sentra peternakan sapi. Namun kebanyakan masih dikelola secara individu. Salah satu diantaranya adalah peternakan sapi perah yang ada di Kecamatan Bendungan. Sementara itu salah satu kelompok yang telah menerapkan peternakan secara komunal adalah kelompok ternak “Mandiri Jati Bersemi” yang ada di Desa Jati, Kecamatan Karangan.
Masih menurut Mas Ipin, Pola yang sudah dilakukan oleh kelompok ternak “Mandiri Jati Bersemi”, dengan sistem pendampingan dari pihak swasta dan pemerintah ini dinilai sangat layak untuk dijadikan model percontohan. Lebih lanjut pihaknya ingin menerapkan sistem peternakan paripurna, Yaitu tidak hanya parsial di rumah-rumah, namun peternakan dengan kandang komunal yang lebih efektif. Sehingga bisa memudahkan pendampingan dan pengecekan kualitas, juga lebih meminimalisir kemungkinan terjadinya human error.
Mas Ipin menambahkan, Peternakan sapi oleh kelompok ternak “Mandiri Jati Bersemi”, bisa berjalan maksimal karena adanya kolaborasi yang baik dari berbagai pihak. Yaitu warga, pemerintah dan swasta. Pihak swastanya mengelola dana dari lembaga Amil Zakat yang mereka pergunakan untuk pemberdayaan. Sementara itu dari pemerintah memastikan sapi potong yang diternakkan bisa terserap oleh pasar. Hal itu bisa dilakukan dengan cara menghubungkan kelompok peternakan dengan Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada.
Shortlink

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *