Mas Ipin Siapkan Skema Bantuan Keuangan, Salah Satu Solusi Untuk Perbaikan Jalan Desa Rusak di Kawasan Perbatasan Trenggalek

  • Whatsapp

Berkesempatan untuk menginap disalah satu rumah warga serta melakukan sejumlah agenda blusukan di beberapa daerah perbatasan antar Kabupaten Trenggalek dengan Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Ponorogo, Tepatnya di Dusun Pegat, Desa Depok Kecamatan Panggul, Mas Ipin merima banyak aspirasi dari warga yang ada disana. Salah satunya adalah terkait dengan kondisi insfrastruktur yang ada disana. Saat ini di salah satu jalan desa yang mengarah menuju SDN 4 Depok kondisinya cukup memprihatinkan. Karena status jalan tersebut masih masuk aset desa, Mas Ipin beberkan sejumlah alternatif proses pembangunan perbaikannya. Jika kondisi keuangan ditingkat desa belum mencukupi untuk perbaikan, Mas Ipin siapkan program bantuan keuangan ke desa.

Menanggapi keluhan warga yang ada disana, Moch. Nur Arifin menyampaikan, salah satu solusi perbaikan jalan desa tersebut tidak perlu dikerjakan langsung rekanan dengan sumber anggaran dari APBD langsung. Akan tetapi dibuat dengan skema bantuan keuangan ke desa dengan nominal antara 100 hingga 200 juta rupiah, kemudian bantuan keuangan tersebut dipergunakan oleh pemerintah desa setempat untuk rabat jalan dengan sistem pengerjaan kerja bakti, yang melibatkan langsung warga setempat.

Mas Ipin menegaskan, skema bantuan keuangan ini dinilai akan lebih efektif, karena prosesnya bisa lebih cepat. Mengingat pengerjaannya juga akan dilakukan langsung oleh warga setempat melalui sistem kerja bakti oleh seluruh warga desa, maka kualitas pengerjaan juga akan lebih bagus. Sistem ini juga dinilai akan menumbuhkan semangat gotong royong yang terjalin antar warga dalam membangun insfrastruktur di daerahnya menjadi lebih baik lagi.

Shortlink

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *